Kompetisi Pidato Nasional untuk Pelajar Madrasah - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad

Jumat, 05 Juli 2024

Kompetisi Pidato Nasional untuk Pelajar Madrasah

SONATA.id – Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, menggelar Kompetisi Pidato Nasional (KPN) 2024. 

 


Lomba ini mengangkat tema moderasi beragama, nilai-nilai pancasila, toleransi, hingga nilai-nilai moral. KPN 2024 diharapkan membangun rasa persatuan dan penghormatan terhadap keragaman yang telah lahir di negeri Indonesia.

 

“Hadirnya kompetisi ini sebagai wahana baru untuk mempromosikan dan menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila dan moderasi beragama di kalangan generasi muda Indonesia,” kata Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Abu Rokhmad dilansir dari laman Kemenag, Jumat (5/7).

 

Kompetisi Pidato Nasional mengundang keikutsertaan seluruh siswa madrasah, pesantren, maupun sekolah jenjang Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sederajat, Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Ulya, Satuan Pendidikan Muadalah (SPM) Ulya, Pendidikan Kesetaraan Pada Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS) Ulya dan Sekolah Menengah Atas Keagamaan lainnya.

 

Agenda ini akan digelar secara bauran (offline dan online) dengan total hadiah yang akan disiapkan oleh panitia sebesar Rp100 Juta dan Piala Bergilir Menteri Agama.

 

Tahapan Lomba

  1. Seleksi Administrasi dan Penilaian Konten Video (17-19 Juli 2024)
  2.  Babak eliminasi. Kompetisi yang dilaksanakan secara online melalui platform zoom meeting pada 25-28 Juli 2024
  3. Grand final yang digelar secara offline (tatap muka) pada 9-11 Agustus 2024.

 

“Menjadikan pancasila dan moderasi beragama sebagai landasan utama diselenggarakan kegiatan ini diharapkan dapat membangun generasi muda yang toleran, berpikir kritis, dan mampu menjadi agen perubahan positif dalam masyarakat,” harap Rokhmad.

 

Direktur KSKK Madrasah,  M. Sidik Sisdiyanto mengajak seluruh anak-anak muda Indonesia untuk bergabung dalam KPN 2024.

 

“Ayo tunjukkan bakat dan kemampuan kalian di panggung nasional, ekspresikan pemikiran, aspirasi, dan ide-ide cemerlang yang dapat membawa perubahan positif bagi bangsa dan negara,” seru Sidik.

 

Ia meyakini, generasi muda memiliki peranan penting dalam membangun masa depan yang lebih baik.

 

"Oleh karena itu, kami mengajak seluruh anak-anak muda madrasah, pesantren, maupun sekolah yang ada di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam kompetisi ini,” ujarnya.

 

Informasi seputar Pendaftaran peserta Kompetisi Pidato Nasional dapat diakses secara online melalui laman madrasah.kemenag.go.id/kpn2024 sejak tanggal 4 - 16 Juli 2024. (kemenag/medcom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad