BBPMP Sumbar Sosialisasikan Program Kemendikbudristek - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad

Selasa, 30 Juli 2024

BBPMP Sumbar Sosialisasikan Program Kemendikbudristek


SONATA.id
 – Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Sumatera Barat (Sumbar) menggelar kegiatan media visit.

 

Media Visit tersebut digelar di Kantor Dinas Pendidikan Kota Padang di Ulakkarang, Kota Padang, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), Selasa  (30/7/2024), dalam rangka sosialisasi program prioritas Kemendikbudristek.

 

Widya Prada BBPMP Sumbar, Radiatanmardiyah, memaparkan program prioritas yang dilaksanakan BBPMP Sumbar adalah transformasi regulasi terkait pendidikan, di mana BBPMP Sumbar bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk merealisasikannya.

 

Transformasi pembelajaran juga menjadi fokus utama, di mana metode pembelajaran diubah dari ceramah ke penggunaan media peraga. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar anak-anak.

 

Selain itu, ada juga program sekolah sehat yang bertujuan memberikan asupan makanan sehat kepada anak-anak untuk mencegah penyakit seperti gagal ginjal.

 

"Untuk mengatasi itu, kita memiliki indikator sekolah sehat, salah satunya adalah sekolah punya kantin sehat, sehingga tidak ada makanan tinggi gula, anak-anak dibiasakan makan sayur. Kalau jalan ini, maka dapat mengatasi anak-anak gagal ginjal," tegas Radiatanmardiyah.

 

Program Sekolah Penggerak juga menjadi bagian penting dari sosialisasi ini. Program ini berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

 

Menurut Radiatanmardiyah, kepala daerah yang sesuka hati mengganti kepala sekolah penggerak akan kehilangan kuota sekolah penggerak di daerah mereka, bahkan berdampak pada bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK).

 

"Sekolah penggerak ini hanya dibiayai tiga tahun oleh pusat dan setelah itu baru dibiayai oleh pemerintah daerah atau Pemda melalui keuangan daerah," ungkapnya. (infopublik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad