Waspada, Ini Ancaman yang Mengintai Pengguna Smartphone - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad


Selasa, 18 Juni 2024

Waspada, Ini Ancaman yang Mengintai Pengguna Smartphone


SONATA
.id
– Dulu sekali, telepon selular (ponsel) hanyalah perangkat yang ditujukan untuk menelepon dan berkirim pesan singkat. Namun kini, sejak kelahiran ponsel pintar (smartphone), fungsinya menjadi luar biasa banyak.


Di balik itu, banyak risiko yang dihadapi pengguna perangkat seluler. Dan, baik penggunaan perangkat Android maupun iOS sama-sama memiliki risiko ancaman keamanan. Hanya saja, perangkat iOS memiliki sistem perlindungan yang lebih baik daripada Android.


Karena alasan itu, pengguna Android harus bekerja lebih keras untuk melindungi perangkatnya karena memiliki ancaman yang lebih nyata.

 

Berikut adalah beberapa ancaman keamanan yang mengintai pengguna Android sehingga perlu waspada.

 

Aplikasi dari toko tidak resmi

Salah satu kelebihan Android adalah memungkinkan pengguna mengunduh aplikasi dari luar toko resmi. Sayangnya, kemampuan ini dibarengi dengan masalah keamanan yang besar.

 

Misalnya, aplikasi tidak resmi menjadi salah satu cara yang digunakan penjahat dunia maya untuk memasang malware dan bahaya lainnya. Sayangnya, tindakan terbaik bagi pengguna untuk menghindari malware ini adalah menghindari menginstal aplikasi dari luar toko resmi.

 

Phishing

Phishing terjadi ketika penjahat mengirimi kamu pesan palsu dengan tujuan menipu. Penjahat dunia maya berupaya mengarahkan calon korban agar membagikan informasi pribadi, mengeklik tautan berbahaya, mengunduh dan tanpa disadari menjalankan malware di perangkat, atau menyerahkan detail akun bank.

 

Phishing juga dapat digunakan untuk menginstal malware atau perangkat lunak mata-mata di perangkatmu. Phising biasanya dilakukan lewat email dan pesan singkat. Namun, phising bisa dilakukan lewat semua cara.

 

Vishing

Vishing adalah kependekan dari voice phishing, yang merupakan vektor serangan lain yang semakin populer. Penyerang yang menggunakan metode ini akan menggunakan layanan suara untuk mencoba menipu korbannya.

 

Ini dapat mencakup meninggalkan pesan suara, menggunakan robocall otomatis, sistem pengubah suara, dan banyak lagi untuk mengelabui individu agar memberikan informasi sensitif.

 

Surveillanceware, spyware, dan stalkerware

Surveillanceware, spyware, dan stalkerware adalah ancaman keamanan yang ada dalam berbagai bentuk. Spyware digunakan untuk mencuri informasi identitas pribadi dan rincian keuangan.

 

Namun, perangkat surveillanceware dan stalkerware biasanya lebih bersifat pribadi dan tepat sasaran. Misalnya, suami atau istri mungkin memasang perangkat lunak mata-mata di HP pasangannya untuk melacak kontak, panggilan telepon, dan lokasi GPS. Terkadang, aplikasi ini dipasarkan sebagai perangkat kontrol orang tua atau karyawan.

 

Ransomware

Ransomware dapat memengaruhi perangkat seluler dan PC. Ransomware akan mengenkripsi file dan direktori, menguncimu dari perangkat, dan akan meminta pembayaran dalam mata uang kripto sebagai imbalan untuk membuka kunci.

 

Dibanding iOS, perangkat Android lebih rentan terkena Ransomware karena perangkat lunak sistem operasi Android bersifat open source, artinya siapa pun dapat memodifikasinya. Jika pengembang membuat kesalahan, peretas akan lebih mudah menemukan dan mengeksploitasi celah keamanan tersebut.

 

Trojan

Ada banyak varian malware seluler yang tak terhitung jumlahnya. Namun, dari semua keluarga malware, trojan berada di urutan teratas.

 

Trojan adalah bentuk malware yang dikembangkan secara khusus dengan mempertimbangkan pencurian data dan keuntungan finansial. Seringkali, malware dikemas sebagai aplikasi. Saat pengguna yang tidak waspada mengunduh aplikasi tersebut, trojan akan mendarat di perangkatmu dan mencuri data penting yang ada di sana.

 

Penting bagi pengguna Android untuk lebih bijak dan berhati-hati saat menggunakan perangkat selulernya. Misalnya, dengan memasang kata sandi dan PIN pada aplikasi penting, tidak sembarangan mengunduh aplikasi dan mengklik tautan, serta tidak meninggalkan perangkatnya di sembarang tempat. (various source)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Shopee Indonesia

Post Top Ad



Shopee Indonesia