Ketahui! Enam Planet akan Sejajar dalam Satu Garis - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad


Selasa, 04 Juni 2024

Ketahui! Enam Planet akan Sejajar dalam Satu Garis


SONATA
.id
 – Banyak fenomena astronomi langka bakal terjadi sepanjang 2024. Salah satunya enam planet akan berjajar dalam satu garis.

 

"Pada tanggal 3-4 Juni 2024 pukul 05.00 WIB akan terjadi fenomena astronomi langka yaitu enam planet akan berjajar dalam satu garis," tulis pengumuman di akun Instagram @brin_indonesia dikutip Senin kemarin.

 

Planet berjajar atau planetary alignment, adalah fenomena penampakan planet-planet yang tampak segaris di langit. Planet berjajar jarang melebihi tiga planet.

 

Enam planet yang akan berjajar pada 3-4 Juni itu, merupakan fenomena langka dalam dunia astronomi. Keenam planet yang akan berjajar adalah Jupiter, Merkurius, Uranus, Mars, Neptunus, dan Saturnus.

 

Planet berjajar akan terlihat dari arah ufuk timur. Saturnus dapat dilihat secara langsung seperti bintang terang. Neptunus dan Uranus hanya akan terlihat lewat teleskop. Mars terlihat seperti bintang berwarna merah.

 

Sementara itu Merkurius akan tampak setelah matahari terbit seperti bintang yang redup karena kemungkinan kalah oleh cahaya fajar, seperti Jupiter.

 

Fenomena planet berjajar dapat ditentukan dan diprediksi dengan menggunakan aplikasi gratis, misalnya Stellarium.

 

"Fenomena planet berjajar tidak berdampak apa pun bagi bumi. Kita justru bisa mendapat inspirasi untuk semakin mempelajari sains," beber peneliti ahli utama Pusat Antariksa BRIN, Thomas Djamaluddin. (medcom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Shopee Indonesia

Post Top Ad



Shopee Indonesia