Kenali Ransomware, Biang Masalah yang Serang Pusat Data Nasional - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad


Rabu, 26 Juni 2024

Kenali Ransomware, Biang Masalah yang Serang Pusat Data Nasional


SONATA
.id
– Akibat gangguan pada Pusat Data Nasional (PDN) sejak beberapa hari lalu, berimbas ke berbagai layanan instansi pemerintah.

 

Disinyalir ‘ransomware’ adalah penyebab hal tersebut terjadi. Jika mengikuti kabar dan pengumuman yang dirilis oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pasti banyak warga yang bertanya, apa itu ransomware?

 

Ransomware adalah sejenis malware atau sebut saja virus, yang digunakan oleh pelaku penjahat siber dan yang juga dikenal sebagai hacker atau peretas. Berbeda dari virus yang sifatnya menginfeksi dan merusak, ransomware justru tidak demikian.

 

Dari berbagai sumber, ransomware adalah metode serangan atau kejahatan siber yang setelah menginfeksi sebuah perangkat komputasi atau jaringan sistem, maka ia akan mengakses data penting yang ada untuk dicuri.

 

Jadi ransomware bukan serangan yang dilancarkan begitu saja, tetapi dikendalikan dari jarak jauh oleh penjahat siber. Saat ransomware sudah menemukan data yang dianggap bernilai penting, maka penjahat siber akan memerintahkan ransomware mengunci akses data ini dari korban dan menjadikannya sandera.

 

Sesuai dengan namanya yaitu ‘ransom’ yang diterjemahkan ke Bahasa Indonesia berarti ‘tebusan’. Penjahat siber atau pelaku yang menyerang dengan ransomware akan meminta tebusan kepada korban jika mereka ingin mendapatkan kembali akses data penting tersebut.

 

Sebelumnya dilaporkan, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengungkap penyebab gangguan yang dialami Pusat Data Nasional (PDN) yaitu  serangan ransomware dengan jenis Lockbit 302.

 

Budi menyebut peretas meminta tebusan dana mencapai USD8 juta atau sekitar Rp131 miliar. Namun, Budi menegaskan bahwa pihak pemerintah Indonesia dengan tegas tidak bernegosiasi maupun memenuhi permintaan tebusan tersebut.(medcom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Shopee Indonesia

Post Top Ad



Shopee Indonesia