Benarkah Guru Tak Tergantikan AI? Simak Penjelasannya - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad


Kamis, 20 Juni 2024

Benarkah Guru Tak Tergantikan AI? Simak Penjelasannya


SONATA
.id
– Perkembangan Artificial Intelligence (AI) makin maju dan mampu menggeser posisi manusia dalam beberapa bidang pekerjaan.

 

Disinyalir, pekerjaan yang membutuhkan keterampilan tertentu dari manusia, akan tetap bertahan. Misalnya, pekerjaan yang membutuhkan penilaian dan pengambilan keputusan manusia serta yang membutuhkan komunikasi kompleks dan bernuansa.

 

Melansir laman World Economic Forum (WEF), teknologi AI tidak akan menggantikan pekerjaan yang membutuhkan kecerdasan sosial dan emosional, kreativitas dan inovasi, serta ketangkasan fisik dan mobilitas.

 

Menurut survei yang dilakukan untuk Future of Jobs Report, menunjukkan pertumbuhan pekerjaan tertinggi pada 2023-2027 adalah operator peralatan pertanian, pengemudi truk besar dan bus, serta guru.

 

Bidang pendidikan diperkirakan akan mengalami pertumbuhan lapangan kerja sebesar 10% di pada 2027. Hal ini berarti akan ada tambahan 3 juta pekerjaan di bidang pendidikan.

 

"Pertumbuhan ini terutama terjadi di negara-negara non-G20 yang diperkirakan 50% lebih tinggi dibandingkan negara-negara G20," kata laporan tersebut.

 

Alih-alih digantikan AI, pekerjaan ini justru akan menyerap teknologi untuk kemajuan bidang pendidikan. Ini artinya banyak keterampilan yang dibutuhkan oleh pekerja bidang pendidikan pada masa depan. (various source)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Shopee Indonesia

Post Top Ad



Shopee Indonesia