Mengenal Puisi Baru Berdasarkan Isi - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad


Selasa, 07 Mei 2024

Mengenal Puisi Baru Berdasarkan Isi


SONATA
.id
–  Sebagai salah satu karya sastra, seiring perkembangan waktu, puisi terbagi menjadi dua macam, yakni puisi lama dan puisi baru.

 

Puisi baru adalah puisi yang tidak memiliki aturan-aturan tertentu dalam penulisannya. Kebebasan penulisan dalam puisi baru, meliputi jumlah baris, suku kata, ataupun rima.

 

Penulis dari puisi baru tidak anonim. Selain itu, perkembangan puisi baru terjadi lisan maupun tulisan. Puisi baru menggunakan majas berubah-ubah. Pesan yang disampaikan di dalam puisi baru biasanya tentang kehidupan.

 

Berikut jenis-jenis puisi baru berdasarkan isi yang diambil dari berbagai sumber:

 

1. Balada

Balada adalah jenis puisi berisi kisah atau cerita. Puisi jenis ini terdiri dari 3 bait, masing-masing dengan 8 larik dengan skema rima a-b-a-b-b-c-c-b. Kemudian skema rima berubah menjadi a-b-a-b-b-c-b-c. Larik terakhir dalam bait pertama digunakan sebagai refren dalam bait-bait berikutnya.

 

2. Himne

Himne adalah puisi pujaan untuk Tuhan, tanah air, atau pahlawan. Puisi ini memiliki ciri-ciri seperti lagu pujian untuk menghormati seorang dewa, Tuhan, seorang pahlawan, tanah air, atau almater (Pemandu di Dunia Sastra).

 

Saat ini, pengertian himne menjadi berkembang. Himne diartikan sebagai puisi yang dinyanyikan, berisi pujian terhadap sesuatu yang dihormati (guru, pahlawan, dewa, Tuhan) yang bernapaskan ketuhanan.

 

3. Ode

Ode merupakan sajak lirik untuk menyatakan pujian terhadap seseorang, benda, peristiwa yang dimuliakan, dan sebagainya. Nada dan gayanya sangat resmi, bernada anggun, membahas sesuatu yang mulia, bersifat menyanjung baik terhadap pribadi tertentu atau peristiwa umum.

 

4. Epigram

Epigram merupakan salah satu jenis puisi baru yang berisi tentang ajaran atau tuntunan mengenai kehidupan. Kata epigram diambil dari bahasa Yunani yaitu ‘epigramma’ yang berarti unsur pengajaran, nasihat yang membawa ke arah jalan kebenaran untuk dijadikan pedoman.

 

5. Romansa

Jenis puisi ini berisi luapan perasaan cinta kasih. Berasal dari bahasa prancis ‘Romantique’ yang berarti keindahan perasaan, persoalan kasih sayang, rindu dendam, serta kasih mesra.

 

6. Elegi

Elegi merupakan puisi yang berisi ratap tangis/kesedihan. Berisi sajak atau lagu yang mengungkapkan rasa duka atau keluh kesah karena sedih atau rindu, terutama karena kematian atau kepergian seseorang.

 

7. Satire

Satire adalah puisi yang berisi sindiran/kritik. Berasal dari bahasa latin yakni ‘Satura’ yang berarti sindiran, kecaman tajam terhadap sesuatu fenomena, tidak puas hati satu golongan, dan lain sebagainya.

 

Nah, itulah penjelasan jenis puisi baru berdasarkan isinya. Lain kali, kita akan bahas jenis puisi berdasarkan bentuknya. (*/various source/pict.: net)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Shopee Indonesia

Post Top Ad



Shopee Indonesia