Deretan Praktik Baik Pemanfaatan Platform Teknologi di Berbagai Daerah - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad


Jumat, 31 Mei 2024

Deretan Praktik Baik Pemanfaatan Platform Teknologi di Berbagai Daerah


SONATA
.id
 – Kolaborasi yang dilakukan Balai Layanan Platform Teknologi (BLPT) dengan stakeholder pendidikan daerah dorong ekosistem pendidikan digital berkualitas.

 

Untuk menjaga keberlanjutan dan memperkuat kolaborasi tersebut, BLPT Kemendikbudristek rapat koordinasi bersama pemerintah daerah.

 

Hadir dalam kegiatan di antaranya Dinas Pendidikan, Balai Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan (BTIKP), Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemendikbudristek,  serta para Duta Teknologi dan Kapten belajar.id dari masing-masing daerah.

 

“Kami ingin mensinergikan berbagai program dan platform teknologi pendidikan yang ada di Kemendikbudristek, agar semakin terdiseminasi ke tingkat daerah,” ucap Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin), Wibowo Mukti, di Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/5) lalu.

 

Perwakilan BTIKP Provinsi Jawa Timur, Titin Suwanti, menyampaikan sinergi yang telah dilakukan secara bersama-sama oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dinas Pendidikan kabupaten/kota, Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP), dan Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) dalam mendorong para guru untuk penggunaan platform teknologi.

 

Kemudian, dari BTIKP Provinsi Jambi, Khairul Fahmi, juga mengatakan bahwa ia selalu menjalin komunikasi dan koordinasi dengan Duta Teknologi di daerahnya.

 

“Selain memiliki pusat sumber belajar, kami juga membawa in-house training ke daerah-daerah, di mana lokasi pelaksanaannya pun disepakati bersama para guru. Dalam program tersebut, kami membawa Duta Teknologi sebagai narasumber,” sebutnya.

 

Untuk meningkatkan partisipasi pemanfaatan platform teknologi di wilayahnya, Duta Teknologi Provinsi Jawa Barat, Deni Rohendi, mengaku bersinergi dengan BTIKP dan Dinas Pendidikan Jawa Barat, untuk melakukan coaching clinic aktivasi akun belajar.id dan Platform Merdeka Mengajar (PMM) secara masif. 

 

Duta Teknologi Provinsi Jambi, Dona Yulia Sari, pun berbagi tentang pelaksanaan Kihajar STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) tahun 2023 yang merupakan hasil kolaborasi Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, BTIKP Jambi, dan Duta Teknologi.

 

“Sebagai langkah awal, kami mendorong para guru melakukan aktivasi akun belajar.id melalui surat edaran dinas pendidikan, kemudian para Duta Teknologi pun membuat webinar dan grup WhatsApp untuk mendampingi mereka setelah aktivasi. Kami juga melakukan sosialisasi dan diskusi bersama secara luring,” ujar Dona. (sp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Shopee Indonesia

Post Top Ad



Shopee Indonesia