Waspada, Kejahatan Siber Mengintai Melalui AI - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad


Rabu, 03 April 2024

Waspada, Kejahatan Siber Mengintai Melalui AI


SONATA
.id
– Berkembangnya AI generatif yang pesat, menjadikannya alat yang dapat diandalkan baik untuk orang biasa, maupun penjahat siber kelas kakap.

 

Hal ini memungkinkan mereka menggunakan Model Bahasa Besar (LLM) untuk menghasilkan pesan tertulis, visual, atau audio yang hampir tidak dapat dibedakan dari konten sebenarnya. Yang terpenting, konten ini dapat dibuat secara instan, hingga memungkinkan penjahat siber merespons pesan dari korbannya secara real-time.

 

Hal nyata yang membuat AI generatif sangat berbahaya, adalah teknologi ini dapat mempelajari gaya dari berbagai bahasa, dialek, bahkan bahasa gaul dan bahasa sehari-hari dari kumpulan data yang besar. Sehingga, memungkinkan pelaku menghasilkan komunikasi yang terdengar autentik.

 

Dengan adanya AI generatif, para penjahat siber skala besar, dapat membuat konten dengan mudah, bahkan dapat dimanfaatkan oleh orang awam untuk mengeksploitasinya.

 

Dahulu, mungkin Anda dapat menentukan apakah sebuah pesan atau email merupakan upaya phishing atau penipuan dengan mencari celah kesalahan seperti kesalahan tata bahasa atau ejaan. Biasanya penjahat siber juga lebih cenderung menggunakan bahasa global seperti bahasa Inggris, dibanding bahasa lain.

 

Nah, dengan besarnya peluang yang bisa didapatkan oleh para penjahat siber, maka sebagai pengguna, anda harus lebih waspada dan tidak boleh lengah dengan Teknologi AI. (ist)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Shopee Indonesia

Post Top Ad



Shopee Indonesia