Rahasia Anak Pintar dari Ahli Stanford - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad


Minggu, 21 April 2024

Rahasia Anak Pintar dari Ahli Stanford


SONATA
.id
 Banyak orang tua rela merogoh kantong dalam-dalam demi menyekolahkan anak di sekolah mahal. Harapannya, si kecil akan tumbuh pintar dan menjadi sosok yang sukses di masa depan. 

 

Meski begitu, tak ada satupun ahli maupun riset yang menunjukkan bahwa sekolah mahal adalah kunci kesuksesan. Lantas, faktor apa yang sebenarnya memengaruhi kepintaran dan kesuksesan anak?

 

Direktur sekaligus pendiri Summer Institute on Diversity di Center for Advanced Study in Behavioral Sciences di Stanford University, Mary C. Murphy, mengungkap bahwa cara terbaik untuk mendukung perkembangan otak dan diri anak adalah membantu mereka mengadopsi pola pikir berkembang (growth mindset) sesering mungkin.

 

Murphy menjelaskan, jika memiliki pola pikir berkembang, seseorang akan percaya kalau kapasitas dan kesempatan untuk belajar tidak akan terbatas.

 

Sebaliknya, bila seseorang memiliki pola pikir tetap (fixed mindset), yaitu pandangan bahwa bakat serta kemampuan seseorang dari lahir adalah hal permanen yang tak bisa diubah. Maka mereka hanya pasrah dan yakin jika tidak ada hal yang bisa dilakukan untuk mengubah nasib.

 

Menurut Murphy, cara utama untuk membantu anak-anak agar tumbuh sukses adalah mendorong mereka untuk lebih sering menerapkan pola pikir berkembang. Penelitian menunjukkan bahwa hal ini dapat meningkatkan sikap, keterlibatan, dan kinerja anak-anak. (cnbc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Shopee Indonesia

Post Top Ad



Shopee Indonesia