Mencetak Talenta Digital di Dunia Pendidikan - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad

Kamis, 04 April 2024

Mencetak Talenta Digital di Dunia Pendidikan


SONATA
.id
– Pertumbuhan ekonomi digital Indonesia diprediksi mencapai USD110 miliar pada 2025.

 

Salah satu faktor penting untuk mewujudkan potensi ekonomi digital tersebut adalah keberadaan talenta digital yang memadai, baik dari segi kuantitas, maupun kompetensi.

 

Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat, keberadaan talenta digital Indonesia baru tercapai sekitar 1,4 juta atau 15-16 persen, sehingga masih dibutuhkan kerja keras dan kerja sama dari berbagai pihak.

 

Oleh karenanya, guru dan dosen berperan penting dalam penyediaan talenta digital yang mumpuni. Di tengah era digital, peran guru dan dosen tidak hanya dituntut untuk memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar, namun juga diharapkan dapat mempersiapkan peserta didik yang kompeten.

 

Pemerintah daerah, melalui leading sector terkait, perlu melakukan terobosan yang signifikan. Pengembangan talenta digital, harus dimulai dari sedini mungkin di dunia pendidikan.

 

“Guru di semua jenjang pendidikan, perlu mendapat asupan pengetahuan ini. Penyiapan talenta digital tidak hanya persoalan pendidikan menengah saja, tapi mulai dari jenjang pendidikan dasar,” demikian disampaikan Nova Indra, pimpinan lembaga Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati kepada media ini, Kamis (4/4).

 

Menurutnya, program-program daerah, perlu dikemas secara khusus untuk ini. Karena, katanya, talenta digital tidak bisa lahir dari pembelajaran konvensional.

 

“Butuh kerja sedikit keras. Butuh program yang jelas, bukan cuma program yang dianggap unggulan tapi tidak menjanjikan apapun,” tegasnya. (ist)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad