Langkah Kepemimpinan Adaptif di Era AI - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad


Selasa, 09 April 2024

Langkah Kepemimpinan Adaptif di Era AI


SONATA
.id
– Jalinan kemajuan teknologi memaksa semua orang mengadopsinya agar tetap  kompetitif. 

 

Menurut laporan Anatomy of Adaptive Leaders yang disusun oleh Economist Impact, para pemimpin yang mengikuti survei menyatakan, kurangnya tenaga kerja ahli (77%), disrupsi dalam rantai pasokan (76%), serangan keamanan siber (69%), dan regulasi yang semakin terfragmentasi (69%), adalah beberapa tantangan utama yang dihadapi di wilayah kepemimpinan.

 

Pemimpin harus tetap berpikiran terbuka terhadap teknologi baru dan bersedia untuk mencobanya. Ini termasuk teknologi yang lebih baru atau sedang naik daun, seperti komputasi cloud, Web3, komputasi kuantum, dan generative AI.

 

Berikut tiga langkah untuk menjadi pemimpin yang adaptif:

 

Mendorong budaya siap digital

 

Menumbuhkan gaya kepemimpinan yang adaptif di era teknologi, pertama dimulai dengan menanamkan budaya siap digital di dalam perusahaan.

 

Ini lebih dari memperkenalkan teknologi mutakhir dan tools digital, namun menanamkan kepercayaan diri dan kecakapan dalam diri karyawan untuk menggunakan tools tersebut.

 

Terkait dengan perkenalan proses dan praktik baru seperti integrasi digital, pemimpin memainkan peran penting dalam memastikan perubahan berjalan mulus dalam operasional sehari-hari.

 

Mencari tahu apa yang membutuhkan modernisasi berdasarkan objektif

 

Langkah selanjutnya, melibatkan evaluasi terhadap infrastruktur IT dan mengidentifikasi apa saja yang membutuhkan modernisasi.

 

Dibandingkan dengan hanya update teknologi, ini membutuhkan penyelarasan strategis antara infrastruktur IT dan objektif bisnis.

 

Kolaborasi dan mengadopsi gaya kerja terbuka 

 

Menerapkan gaya kepemimpinan adaptif, juga termasuk menerapkan gaya kerja terbuka. Ini dicirikan dengan agilitas dan kolaborasi.

 

Dengan mengadopsi pola pikir yang agile, pemimpin bisa mendorong timnya untuk merespons kondisi pasar yang berbeda dengan cepat. (source: medcom/ed. ni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Shopee Indonesia

Post Top Ad



Shopee Indonesia