SONATA.id – Meta beberapa waktu lalu merilis hasil riset dan survey terhadap pengguna di Indonesia dengan menggandeng media bernama Cretivox.
Hasil yang
dibagikan menunjukkan, media sosial punya peran positif khususnya bagi milenial
dan Gen Z di Indonesia. Survey yang dilakukan pada pengguna berusia 15 hingga
30 tahun itu, diikuti hampir 10.000 pengguna di Indonesia dengan tujuan
menganalisa karakter dan preferensi pengguna muda medial sosial.
Survey yang
dilakukan pada bulan Maret 2024 tersebut memaparkan fakta dari tujuh topik
yaitu aktivisme, media sosial, fashion, kecantikan, wellbeing, interaksi
sosial, kreator, dan keuangan atau finansial.
“Di Indonesia kami
melihat pengguna muda menjadi salah satu penggerak tren, budaya, percakapan dan
best practices di platform Meta.
Mereka berani berekspresi dan berkreasi untuk membawa manfaat dan pengalaman
yang positif,” ungkap Revie Sylviana, Direktur Kemitraan Global untuk Meta di
Asia Tenggara.
“Di Meta, kami
fokus untuk mendukung pengguna, terutama para kreator muda, melalui pembaruan
fitur yang menjawab kebutuhan agar mereka memiliki lebih banyak ruang untuk
berkreasi dengan kreatif,” ujarnya.
Hasil survey untuk
topik aktivisme terungkap bahwa 87 persen partisipan berpendapat media sosial
menjadi sarana atau platform terbaik dan efektif untuk menyuarakan isu-isu
sosial. Revie menyebut milenial terutama Gen Z sangat mengandalkan media sosial
untuk hal ini.
Partisipan survey
mengaku, media sosial seperti Instagram dan Facebook menjadi media untuk
terhubung dengan keluarga dan teman-teman bahkan 35 persen meyakini ada peluang
baru.
Pada isu atau topik
fashion dan kecantikan, terungkap bahwa hampir 65 persen kalangan muda dari
pengguna media sosial mengaku terinspirasi dari kreator konten dalam menciptakan
gaya kasual mereka. (medcom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar