Guru Pembimbing ABK Sangat Minim, Ini Kata Kemdikbudristek - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad

Selasa, 02 April 2024

Guru Pembimbing ABK Sangat Minim, Ini Kata Kemdikbudristek


SONATA
.id
– Menurut Kemdikbudristek, hanya 14,83 % dari 40.164 satuan pendidikan yang miliki guru pembimbing anak berkebutuhan khusus.

 

“Pada Desember 2023 data menunjukkan bahwa terdapat 40.164 sekolah mempunyai peserta didik berkebutuhan khusus,” kata Koordinator Kelompok Kerja Pendidikan Inklusif Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Kemdikbudristek Meike Anastasia.

 

Hal itu disampaikannya dalam Media Gathering dengan Forum Wartawan Pendidikan (Fortadik) di Jakarta, Senin (1/4).

 

Kemdikbudristek telah meluncurkan program Pendidikan Berjenjang Pendidikan Inklusif dalam bentuk Modul Pendidikan Inklusif Tingkat Dasar.

 

Peluncuran program itu guna meningkatkan kompetensi guru dalam memenuhi hak murid untuk mendapatkan layanan pendidikan yang inklusif dan setara.

 

Latar belakang dibentuknya program Pendidikan Berjenjang Pendidikan Inklusif adalah, adanya kesenjangan antara regulasi tentang pendidikan inklusif dan kondisi di lapangan.

 

Amanat regulasi tersebut berbanding terbalik dengan situasi di lapangan karena hanya 64 persen dari perkiraan jumlah anak penyandang disabilitas yang bersekolah dengan alasan termasuk biaya, learned helplessness, dan penolakan dari sekolah. 

 

Terdapat juga regulasi yang menegaskan adanya akomodasi pendidikan yang layak bagi peserta didik disabilitas namun kenyataannya tidak semua pemerintah daerah memiliki peraturan, anggaran, dan penyediaan unit layanan disabilitas (ULD) untuk mengakomodasinya.

 

Oleh sebab itu, Kemdikbudristek meluncurkan Modul Pendidikan Inklusif Tingkat Dasar, sebagai upaya melengkapi guru-guru dengan edukasi, sekaligus pelatihan mengenai cara pengajaran yang inklusif. 

 

Program ini turut memiliki visi memberikan akses dan kesempatan yang seluas-luasnya bagi seluruh pendidik Indonesia untuk melakukan pengembangan keprofesian tentang pendidikan inklusi. (medcom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad