Tips Kesehatan, Menjaga Pola Tidur Selama Puasa Ramadan - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad


Jumat, 15 Maret 2024

Tips Kesehatan, Menjaga Pola Tidur Selama Puasa Ramadan


SONATA
.id
– Selama bulan suci Ramadan, ketika menjalankan ibadah puasa, perubahan dalam pola makan tidak hanya memengaruhi tubuh, tetapi juga pola tidur.

 

Hal itu sering kali tidak disadari, dan dapat menyebabkan kelelahan dan kantuk sepanjang hari.

 

Pentingnya bangun di pagi buta untuk sahur dapat mengakibatkan kurangnya waktu tidur malam. Perubahan ini dapat mengganggu kualitas tidur dan kesehatan secara keseluruhan.

 

Oleh karena itu, selama menjalankan ibadah puasa Ramadan, penting untuk memperhatikan pola tidur. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga pola tidur selama Ramadan:

 

1. Memperpanjang waktu tidur

 

Tidur yang lebih panjang memberikan kesempatan bagi tubuh untuk memperbaiki diri, seperti memperbaiki otot, tulang, dan jaringan.

 

Idealnya, mencoba untuk tidur pada waktu yang sama setiap malam dan menetapkan rutinitas tidur yang konsisten.

 

2. Istirahat siang

 

Tidur siang dapat membantu meningkatkan energi dalam jangka pendek dan juga memungkinkan waktu istirahat tambahan di antara waktu berpuasa. Durasi tidur siang yang optimal adalah sekitar 20 menit untuk merasa segar kembali.

 

3. Hindari makanan berat

 

Hindari makan berlebihan saat berbuka puasa, terutama makanan berlemak, pedas, atau bergula, serta minuman berkarbonasi. Makanan seperti ini dapat mengganggu kualitas tidur Anda.

 

4. Batasi paparan cahaya biru

 

Hindari cahaya biru dari layar gadget setidaknya satu jam sebelum tidur. Cahaya biru dapat mengganggu produksi hormon tidur dan mempersulit Anda untuk tertidur dengan nyenyak.

 

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, diharapkan Anda dapat menjaga pola tidur yang sehat dan nyaman selama menjalankan ibadah puasa Ramadan. (source: rri/Ed.NI/Pict by shutterstock)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Shopee Indonesia

Post Top Ad



Shopee Indonesia