SDN 05 Rambatan Gelar Pesantren Ramadhan - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad

Kamis, 21 Maret 2024

SDN 05 Rambatan Gelar Pesantren Ramadhan


SONATA
.id
– Kegiatan Pesantren Ramadhan 2024 digelar di SDN 05 Rambatan, Tanah Datar.

 

Sesuai dengan panduan dari Surat Edaran (SE) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar nomor 420/1297/DIKBUD-2024, Pesantren Ramadhan dilaksanakan dengan tujuan memenuhi minggu efektif pembelajaran selama bulan Ramadhan.

 

Salah seorang guru sekolah tersebut menyebutkan, kegiatan Pesantren Ramadhan ini merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seluruh satuan pendidikan yang ada di Luhak nan Tuo.

 

“Pesantren Ramadhan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan agama peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, juga menanamkan rasa cinta terhadap rumah ibadah,” sebut guru tesebut.

 

Sementara itu, Kepala SDN 05, mengutip wawancara singkatnya dengan wartawan, Kamis (21/3) mengatakan, pelaksanaan Pesantren Ramadhan dilangsungkan tanggal 15 hingga 30 Maret 2024.

 


“Kita laksanakan kegiatan ini sesuai jadwal yang ada di SE Dinas,” demikian ungkap Desi Winarni, Kepala SDN 05 Rambatan seperti ditulis media pemberitaan nasional Warta Pendidikan.

 

Kegiatan yang diikuti oleh siswa kelas IV, V, dan VI itu, menurut Kepsek yang baru satu bulan memimpin SD 05 Rambatan tersebut, penguatannya pada beberapa bidang penting.

 

“Penguatan program Pesantren Ramadhan ini, kita arahkan pada keterampilan baca Quran, Thaharah khususnya wudhu, shalat, dan zikir,” sebutnya.

 

Ia melanjutkan, pembinaan dari materi-materi yang ada dalam kegiatan Pesantren Ramadhan selama dua pekan tersebut, diampu langsung oleh guru-guru di sekolah itu.

 

“Khusus untuk hari Sabtu, program Pesantren Ramadhan ini kita isi dengan mendatangkan penceramah. Jadi, ada kegiatan siraman rohani bagi seluruh keluarga besar SDN 05 Rambatan,” pungkasnya. (NT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad