PPG akan Diintegrasikan dengan Seleksi PPPK - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad

Senin, 25 Maret 2024

PPG akan Diintegrasikan dengan Seleksi PPPK


SONATA
.id
– Pendidikan Profesi Guru (PPG) akan diintegrasikan dengan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

 

Dengan begitu, kebutuhan ASN guru akan cepat terpenuhi melalui jalur PPG karena telah memiliki sertifikat pendidik.

 

"Kita juga mengintegrasikan PPG ini dengan seleksi PPPK untuk masa yang akan datang," kata Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kemendikbudristek, Nunuk Suryani dalam diskusi dengan Fortadik, Jumat lalu.

 

Nunuk menerangkan, jika penuntasan kebutuhan guru di sekolah negeri adalah melalui PPPK dan guru tersebut tentunya memiliki sertifikat pendidik dari PPG.

 

"Di semua satuan pendidikan sudah tidak boleh lagi merekrut guru yang tidak bersedik (sertifikat pendidik)," jelasnya.

 

Guru PPPK itu pun, kata dia, bakal menggantikan guru yang pensiun. Skema ini akan membuat keseimbangan antara guru yang pensiun dengan guru yang akan direkrut melalui PPPK.

 

"Sehingga sekarang ini kami punya visi menyeimbangan supply demand untuk guru masuk dan keluar sama, sehingga semua melalui PPG," tutupnya.

 

Cara ini pun, katanya, akan meningkatkan minat generasi muda menjadi guru. Sebab, dengan kepastian karier melalui PPG menjadi ASN, maka minat guru dapat meningkat.

 

"Jadi sebenarnya kami menata guru. Ini adalah tujuannya untuk menarik minat mereka menjadi guru juga. Kalau guru-guru sudah mulai sejahtera, kan profesi itu yang penting kan menjanjikan,” papar Nunuk.

 

Dengan begitu, sambungnya, akhirnya generasi muda mau jadi guru. Jadi sebenarnya masalahnya itu di situ, menurut Nunuk.

 

“Kita kampanye, kalau kampanye ayo jadi guru, kalau gurunya kejahteraan rendah, ya tetap saja mereka tidak akan berani jadi guru," tutupnya. (medcom/Foto: Ilham Pratama)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad