Mewariskan Islam - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad


Rabu, 20 Maret 2024

Mewariskan Islam


SONATA
.id
– Setiap orang dalam kehidupannya, berjalan mengarungi bahtera dunia ini dengan bekal yang telah dipersiapkan sejaka awal oleh orang-orang terdahulu.

 

Anda menjadi seorang guru, dosen, peneliti, aparatur negara, semua adalah karena bekal yang dipersiapkan oleh orang tua masing-masing.

 

Setiap yang memiliki anak, akan memikirkan bagaimana nasib anak-anak keturunannya kelak. Bersuah payah mencari rejeki, mengumpulkan uang, menabung, dan menyisihkan sebagian harta yang diperoleh, ditujukan untuk persiapan masa depan anak-anak mereka.

 

Begitu pentingnya masa depan bagi semua orang. Sehingga, setiap waktu yang dilalui, diisi dengan upaya pencapaian cita-cita, meneruskan trah keluarga, mencari jalan baik, menuju kebahagiaan dunia.

 

Semua itu adalah sebuah keniscayaan. Tetapi di lain pihak, di tengah pergulatan dengan maraknya persaingan duniawi, masih adakah terpikirkan untuk menyempatkan diri menimba ilmu agama untuk kemudian diteruskan atau diwariskan kepada generasi yang menjadi tanggungjawab masing-masing orang tua?

 

Bila sepanjang hari, sepanjang waktu bahkan ada yang mengatakan 24 jam sehari semalam terasa kurang karena kesibukannya mencari rejeki duniawi. Menumpuk harta, memenuhkan pundi-pundi, yang nantinya dengan kemegahannya akan diwariskan pada anak-anak.  

 

Berapa banyak pula di antara kita para orang tua yang terlupa menimba ilmu-ilmu agama yang akan diberikan sebagai bekal anak-anak kelak? Tak jarang, ketika seorang anak bertanya pada orangtuanya tentang tugas-tugas pelajaran agama di sekolah, kita langsung teringat ustadz tempat bertanya. Padahal, tanggung jawab utama pendidikan agama terletak di pundak masing-masing kita, orang tua mereka.

 

Dalam Al-Quran, Allah berfirman,

وَلْيَخْشَ الَّذِيْنَ لَوْ تَرَكُوْا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعٰفًا خَافُوْا عَلَيْهِمْۖ فَلْيَتَّقُوا اللّٰهَ وَلْيَقُوْلُوْا قَوْلًا سَدِيْدًا

Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar. (Annisa: 9)

 

Mewariskan agama yang baik, adalah kewajiban para orang tua kepada anaknya. Bila kita takut anak-anak kelak lemah duniawinya, maka Allah mengingatkan agar kita juga takut bila kelak mereka lemah dari ilmu agama.

 

Lemahnya generasi dari pemahaman agama yang benar, akan membuat mereka mudah terombang-ambing oleh keadaan dunia. Anak-anak yang lebah agamanya, akan lebih labil. Saat harus mengambil keputusan suatu ketika nanti bila mereka telah dewasa, tanpa pemahaman agama yang baik, maka akan mudah jatuh pada keadaan tanpa acuan, tanpa pedoman.

 

Lihatlah mereka yang ketika mudanya tak cukup dibekali ilmu agama, saat rambut di kepala mulai memutih, ingatan untuk kembali pada jalan Ilahiah mulai terbuka. Namun, pada siapa harus mengadu karena diri tidak cukup pengetahuan tentang pemahaman agama yang benar?

 

Sangat bertolak belakang ketika dilihat dalam keseharian, orang-orang berseliweran dengan gagah dan cantiknya menyandang predikat duniawi yang tinggi. Tetapi di lain waktu, saat ia harus menundukkan diri dalam ibadah, ia tak mengerti sama sekali tentang apa yang dilakukannya.

 

Padahal, para ulama mutaqaddimin telah mengingatkan sejak awal,

 ﻣَﻦْ ﺃَﺭَﺍﺩَ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻓَﻌَﻠَﻴْﻪِ ﺑِﺎﻟْﻌِﻠْﻢِ، ﻭَﻣَﻦْ ﺃَﺭَﺍﺩَ ﺍﻷَﺧِﺮَﺓَ ﻓَﻌَﻠَﻴْﻪِ ﺑِﺎﻟْﻌِﻠْﻢِ، ﻭَﻣَﻦْ ﺃَﺭَﺍﺩَﻫُﻤَﺎ ﻓَﻌَﻠَﻴْﻪِ ﺑِﺎﻟْﻌِﻠْﻢِ

“Siapa yang menginginkan dunia maka hendaklah berilmu. Siapa yang menginginkan akhirat, maka hendaklah dengan ilmu.Siapa yang menginginkan keduanya, maka hendaklah dengan ilmu.”

 

Maka, bersegeralah mempersiapkan ilmu agama untuk diri sendiri, yang selanjutnya akan diwariskan pada anak-anak kita. Di tangan mereka yang punya ilmu agama yang baik dan benar, dunia akan dikelolanya dengan baik. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Shopee Indonesia

Post Top Ad



Shopee Indonesia