Melihat Praktik Budaya Minangkabau di SD 40 Bukit Gado-gado - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad

Minggu, 03 Maret 2024

Melihat Praktik Budaya Minangkabau di SD 40 Bukit Gado-gado

SONATA.id – Sabtu (2/3) kemarin, SD 40 Bukit Gado-Gado (BGG), Kota Padang meriah dengan kehadiran siswa-siswi yang mengenakan pakaian adat Minangkabau.

 

Siswa-siswi SD 40 Kelurahan Bukit Gado-Gado (BGG), Kota Padang, dalam kegiatan praktIk pelajaran Budaya Alam Minangkabau (BAM), Sabtu (2/3/2024). Foto: istimewa

Sugiono, Kepala SD 40 BGG, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari pembelajaran Budaya Alam Minangkabau (BAM), yang juga merupakan implementasi dari muatan lokal.

 

"Ini adalah cara kami untuk memperkenalkan dan menanamkan rasa cinta akan kekayaan budaya Ranah Minang kepada para siswa," ungkap Sugiono.

 

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, para siswa-siswi terlibat dalam prosesi yang mirip dengan pesta perkawinan, termasuk arak-arakan, tari-tarian, dan atraksi pencak silat. Mereka juga mengenakan pakaian pengantin tradisional yang disebut Anak Daro dan Marapulai.

 

Tidak hanya itu, tradisi petatah-petitih yang biasanya dilakukan saat menyambut tamu dengan menyuguhkan sirih dan buah pinang juga diajarkan kepada siswa-siswi.

 

Acara berlangsung penuh semangat dan keakraban dengan makan bersama, yang dalam budaya Minang disebut sebagai makan bajamba. Semua siswa, orangtua, guru, dan tamu yang hadir ikut serta dalam keseruan tersebut. (infopublik/Ed.NS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad