Literasi Digital, Kunci Melanjutkan Gerakan Merdeka Belajar - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad


Kamis, 28 Maret 2024

Literasi Digital, Kunci Melanjutkan Gerakan Merdeka Belajar

SONATA.id  Literasi digital menjadi salah satu kunci melanjutkan program Merdeka Belajar.

 

Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim (Foto: Dok Kemdikbudristek)


Kemdikbudristek kembali menjadi salah satu kementerian yang mengikuti program Pelatihan Literasi Digital Sektor Pemerintahan (LDSP).

 

Partisipasi Kemdikbudristek terwujud dalam penyelenggaraan Webinar Literasi Digital kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemdikbudristek.

 

Webinar dan e-Learning Literasi Digital ini, diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan diikuti lebih dari 80.000 Pegawai ASN Kemdikbudristek yang terdiri dari PNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), secara hibrida mulai 25 sampai 28 Maret 2024.

 

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengatakan, digitalisasi manajemen ASN merupakan hal yang penting di tengah era perkembangan teknologi terkini.

 

Digitalisasi tata kelola ASN tidak hanya berupa penyediaan alat teknologi, namun juga pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu mengoperasikan teknologi tersebut.

 

“Kapabilitas SDM dengan literasi digital yang memadai adalah kunci mewujudkan organisasi kementerian dengan pola pikir digital (Digital Mindset),” ucap Nadiem, dalam keterangan tertulis, Selasa (26/3/2024).

 

Nadiem menambahkan, kapabilitas literasi digital terbagi dalam empat dimensi, yaitu dimensi keterampilan digital, etika digital, kebudayaan digital, dan keamanan digital. Melalui pemahaman empat dimensi tersebut, SDM Kemdikbudristek dapat membangun karakter yang tangguh, jiwa nasionalisme yang tinggi, dan kemampuan komunikasi yang handal.

 

"Melalui pelatihan itu, semoga seluruh ASN Kemendikbudristek mampu mendayagunakan berbagai elemen dalam teknologi digital untuk menguatkan budaya inovasi, meningkatkan kinerja, dan memberikan nilai tambah dalam pelayanan pada masyarakat, khususnya upaya kita dalam melanjutkan Gerakan Merdeka Belajar,” tegas Nadiem. (infopublik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Shopee Indonesia

Post Top Ad



Shopee Indonesia