Hati-Hati, Ada Sanksi di Setiap Pelanggaran Penelitian - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad


Rabu, 27 Maret 2024

Hati-Hati, Ada Sanksi di Setiap Pelanggaran Penelitian


SONATA
.id
– Ketua Majelis Kehormatan Perhimpunan Periset Indonesia (PPI), Thomas Djamaluddin, mengingatkan terdapat sejumlah larangan bagi periset.

 

Larangan itu utamanya dalam proses penelitian hingga publikasi. Larangan tersebut, tertuang dalam Peraturan PPI, tentang Pedoman Penegakan Kode Etik dan Kode Perilaku Profesi (KEKPP). Di antaranya seperti kecurangan dalam melaporkan hasil riset.

 

"Penyalahgunaan subjek riset, pemerasan tenaga periset, serta melakukan tindakan tercela sebagai pengembangan dari larangan yang sudah tercantum," jelas Thomas.

 

Hal itu disampaikannya dalam BRIEF #113 Ramadhan dan Filosofi Etika: Kode Etik dan Kode Perilaku Periset, Senin lalu.

 

 

Ia menegaskan, ketika melakukan pelanggaran KEKPP, periset dapat dikenakan sanksi. Hal tersebut tertera dalam peraturan PPI No. PER-02/PP/PPI/VI/2022 tentang Pedoman Penegakan KEKPP.

 

Terduga pelanggaran dapat diproses oleh Majelis Sidang Kehormatan Periset dari rekomendasi Ketua Umum PPI.

 

Pengusutan pelanggaran dapat dimulai dari pengaduan tertulis disertai identitas atau terdapat informasi dugaan pelanggaran yang sudah beredar di publik.

 

Thomas memberikan contoh kasus pelanggaran yang sering ditemukan tergolong kategori ringan. Seperti tidak mencantumkan rujukan dalam publikasi ilmiah secara tidak sengaja.

 

"Majelis Sidang Kehormatan Periset dapat memberikan sanksi berupa teguran tertulis bagi pelanggar setelah diputuskan terbukti melanggar," ungkap dia.

 

Pada kondisi tersebut, putusan Majelis bersifat final dan mengikat, diambil dengan cara mutlak tanpa pemungutan suara terbanyak.

 

"Dalam putusan tersebut tidak tercapai, putusan dinyatakan tidak terbukti melanggar KEKPP demi kehormatan periset," tutur Thomas. (medcom/Pict.: net)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Shopee Indonesia

Post Top Ad



Shopee Indonesia