Gaya Hidup Sehat Bisa Menurunkan Risiko Depresi - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad


Senin, 18 Maret 2024

Gaya Hidup Sehat Bisa Menurunkan Risiko Depresi


SONATA.id
– Depresi adalah kondisi kesehatan mental yang kompleks yang dapat dikaitkan dengan sejumlah penyebab dan faktor risiko yang bertepatan.

 

Mengetahui bahwa perilaku tertentu dalam kendali kita, dapat memberikan pertahanan lain terhadapnya adalah langkah penting.

 

Dalam sebuah studi 2023 yang diterbitkan di Nature Mental Health, para peneliti dari Fudan University di Shanghai dan University of Cambridge di Inggris mencari hubungan antara risiko depresi peserta dan tujuh faktor gaya hidup secara spesifik.

 

Gaya hidup tersebut seperti konsumsi alkohol, diet, aktivitas fisik, tidur, merokok, perilaku menetap, dan hubungan sosial.

 

Selama sembilan tahun, peneliti menganalisis data kesehatan Biobank Inggris lebih dari 280.000 orang dewasa (usia rata-rata 58) untuk menentukan perilaku gaya hidup sehat mana dan apakah kombinasi dari perilaku ini paling terkait dengan penurunan risiko depresi.

 

Pada akhirnya, mereka menyimpulkan, ditemukan bahwa gaya hidup sehat menurunkan risiko depresi di seluruh populasi dengan risiko genetik yang bervariasi, seperti dikutip dari Real Simple.

 

Tidak heran, mengikuti lebih banyak kebiasaan sehat tampaknya memiliki manfaat besar untuk mengurangi risiko depresi. 

 

Para peneliti juga mengevaluasi subset pemindaian otak, mencatat bahwa otak kelompok gaya hidup sehat menunjukkan penanda struktural penting yang berkaitan dengan depresi.  Termasuk "volume korteks orbitofrontal yang lebih besar dan korteks prefrontal medial, yang mungkin menyarankan peningkatan kontrol kognitif dan regulasi emosi. 

 

Mereka menjelaskan, tidur yang cukup, konsisten, berkualitas baik "mempromosikan mekanisme plastisitas sinaptik di hippocampus yang mengoptimalkan respons emosional terhadap stresor perilaku." (ist/pict by freepik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Shopee Indonesia

Post Top Ad



Shopee Indonesia