AI Boleh Digunakan dalam Penulisan Ilmiah, Simak Aturannya - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad


Rabu, 27 Maret 2024

AI Boleh Digunakan dalam Penulisan Ilmiah, Simak Aturannya

SONATA.id – Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), sering digunakan dalam penulisan ilmiah. Penggunaan AI sebenarnya tak dipersoalkan.

 

llustrasi Artificial Intelligence by grid.id


Syahrir Ika, Ketua Umum Perhimpunan Periset Indonesia (PPI), menekankan ada etika penggunaan AI dalam penulisan ilmiah. AI hanya digunakan sebagai alat bantu awal.

 

"Tidak untuk menganalisis dan menarik kesimpulan dari data AI sebagai bagian dari proses penelitian," tegas Syahrir dalam BRIEF #113 Ramadhan dan Filosofi Etika: Kode Etik dan Kode Perilaku Periset di YouTube BRIN dikutip Senin, 25 Maret 2024.

 

Syahrir menyebut, bila penulis menggunakan AI generatif dan teknologi berbantuan Al dalam proses penulisan, penulis hanya boleh menggunakan teknologi AI untuk meningkatkan keterbacaan dan bahasa. Penerapan teknologi tersebut harus dilakukan dengan pengawasan dan kontrol manusia.

 

"Mesti ada pengawasan dan kontrol manusia dan penulis harus meninjau dan mengedit hasilnya dengan hati-hati, karena AI dapat menghasilkan sesuatu yang bisa saja salah, tidak lengkap, atau bias," ujarnya.

 

Dia menegaskan, penulis tidak bisa mencantumkan AI sebagai bahan kutipan. Selain itu, kutipan harus dapat dipertanggungjawabkan.

 

"Harap dicatat bahwa penulis pada akhirnya bertanggung jawab dan bertanggung jawab dan mempertanggungjawabkan isi karya," tegas Syahrir. (medcom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Shopee Indonesia

Post Top Ad



Shopee Indonesia