Membaca Nyaring Bantu Anak Atasi Speech Delay - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad

Selasa, 13 Februari 2024

Membaca Nyaring Bantu Anak Atasi Speech Delay


SONATA
.id
– Kegiatan  membaca dan membacakan untuk anak, ternyata berdampak luar biasa.

 

Pendiri Reading Bugs, Komunitas Read Aloud Roosi Setiawan mengatakan, membaca nyaring dapat menjadi kebiasaan yang terintegrasi dalam aktivitas sehari-hari, mirip dengan kebiasaan menggosok gigi.

 

Dia menyarankan, kegiatan membacakan buku dilakukan secara rutin setelah menggosok gigi, untuk membentuk pola baca pada anak.

 

Menurutnya, membacakan buku dengan suara yang disukai anak disertai ekspresi dan gestur, akan meningkatkan minat membaca anak.

 

"Pemilihan buku yang sesuai dengan usia dan minat anak menjadi kunci penting dalam membacakan nyaring. Kontak mata yang terjaga selama proses membacakan nyaring juga menjadi faktor penting dalam membangun kedekatan antara orang tua atau guru dengan anak," jelasnya dalam webinar Gerakan Indonesia Membaca: Ayo Membaca Nyaring untuk Literasi Indonesia beberapa waktu lalu..

 

Kegiatan membacakan nyaring juga membantu dalam mengatasi masalah speech delay pada anak.

"Anak-anak yang terpapar dengan kegiatan membacakan nyaring cenderung memiliki kosakata yang lebih luas, sehingga dapat mengurangi masalah speech delay," tuturnya.

 

Di sisi lain, psikolog anak Grace Euginia Sameve menjelaskan bahwa kegiatan membacakan nyaring oleh orang tua atau guru, dapat memengaruhi perkembangan tumbuh kembang anak secara holistik. Dari segi kognitif, membacakan nyaring membantu anak mengenal kosakata baru dan mengasah kemampuan berbahasa.

 

"Dari segi psikososial, anak-anak akan merasa lebih terikat dan percaya kepada orang dewasa yang membacakan buku secara nyaring," ujarnya. (source: medcom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad