HPN 2024, Pemred Sonata.Id: Selamat Hari Pers Nasional - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad

Jumat, 09 Februari 2024

HPN 2024, Pemred Sonata.Id: Selamat Hari Pers Nasional


SONATA
.id
-- 
Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024, jatuh pada hari ini, Jumat (9/2). Semua elemen kejurnalistikan, turut merayakannya.

 

Sebagaimana diketahui, dunia pers telah menjadi pilar keempat di negeri ini. Keberadaan pers menjadi ujung tombak pencerdasan masyarakat melalui semaraknya penyebaran informasi melalui berbagai kanal.

 

Pertumbuhan pers di Indonesia, tumbuh dan berkembang pesat sejak lahirnya organisasi wartawan pertama, yaitu Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tanggal 9 Februari 1946. Tanggal itu dijadikan sebagai hari diperingatinya pers nasional, didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985.

 

Keputusan Presiden Soeharto pada 23 Januari 1985 itu menyebutkan, pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.

 

Untuk diketahui, landasan ideal HPN ialah sinergi. Sinergi antar komponen pers, antara komponen pers, masyarakat dan pemerintah, seperti tergambar pada untaian pita (umbul-umbul) yang membentuk huruf HPN.

 

Menyikapi perayaan HPN tahun ini, Nelfi Sonata, Pemimpin Redaksi News Portal Sonata.Id sekaligus sebagai owner media yang intens pada pemberitaan di bidang pendidikan dan peningkatan literasi masyarakat, mengucapkan selamat hari pers nasional 2024.

 


“Alhamdulillah, pers nasional negeri ini makin berkembang di tengah pergeseran zaman dengan teknologi yang kian maju. Dulu, media sebagai corong informasi, masih berkutat dengan media cetak. Kini, pergeseran zaman dengan segala kemajuannya, telah melahirkan media-media berupa media digital atau online. Kemajuan itu, semoga membuat masyarakat semakin dekat dengan pemenuhan kebutuhan informasi,” sebut perempuan yang sehari-hari berprofesi sebagai guru di salah satu sekolah dasar itu.

 

Menurut Nelfi yang dalam dirinya mengalir darah jurnalis itu, dunia pers adalah dunia yang penting bagi semua elemen, termasuk profesi guru seperti yang digelutinya selama ini.

 

“Segala informasi yang dibutuhkan, pastinya kita peroleh lebih banyak pada pemberitaan-pemberitaan yang diterbitkan oleh beragam media. Itu tandanya dunia pers adalah pilar bangsa yang sangat penting,” terang anak mantan Ketua PWI Tanah Datar itu.

 

Hari ini, sambungnya, kami keluarga besar Sonata.Id, dengan penuh kesungguhan, berharap pers nasional kian maju, dan dapat menjadi bagian penting dari pembangunan bangsa ke depan.

 

“Pers adalah dunia yang kompehensif. Di dalamnya sekaligus juga ada pengembangan literasi yang dibutuhkan masyarakat, terutama profesi kami sebagai pendidik,” pungkas guru yang juga penulis puisi dan buku pendidikan karakter itu mengakhiri. (*/ilustrasi foto: net)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad