Manusia Buku - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad


Jumat, 26 Januari 2024

Manusia Buku

 


SONATA.id -- Semua kita tentunya pernah membaca sebuah buku, melihat sampul (cover)-nya, atau mungkin hanya sekadar memegangnya. 

 

Banyak hal yang dapat diketahui setelah membaca sebuah buku. Baik buku yang berjenis referensi, ensiklopedia, biografi, autobiografi, atau bahkan buku bergenre sastra.

 

Buku ditulis tentunya bukan tanpa alasan. Ada penulis yang bertujuan menginformasikan hal-hal berupa fakta, peristiwa, pendapat, pandangan dan data kepada pembaca. Dengan demikian, pembaca bisa mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru dari tulisan tersebut. Adapula penulis yang hanya sekadar ingin mengajak pembaca berselancar dalam opininya tentang sesuatu.

 

Hanya segelintir orang yang bisa menjadikan membaca buku sebagai suatu kebutuhan atau hobi. Sisanya, bagi sebagian orang membaca merupakan kegiatan yang terkadang hanya dilakukan sesempatnya saja.

 

Berbagai alasan kenapa seseorang tidak tertarik untuk membaca sebuah buku, di antaranya karena rasa malas. Ada pula yang tidak tahu buku apa yang harus dibaca. Selain itu, jenuh karena tebalnya halaman buku, tidak tertarik karna sampul (cover) buku terlihat biasa saja, atau bahkan belum menemukan buku yang menarik untuk dibaca, menjadi alasan.

 

Di sisi lain, saat membaca sebuah buku, karena tertarik oleh sampulnya, setelah dibaca justru menyajikan sesuatu yang biasa saja. Namun adakalanya ketika ditemui sampul buku yang terlihat seadanya, cenderung tidak menarik, tetapi membuat terkesima dan kagum dengan isinya.

 

Bahkan, jika ada bagian buku yang sudah robekpun, buku tersebut tetap akan disimpan karna isinya yang bernilai.

 

Bila dikaitkan pada kehidupan nyata, dalam interaksi sosial, hubungan, pandangan antara satu manusia dengan manusia yang lain, manusia juga tidak ubahnya seperti sebuah buku. Beberapa ada yang menipu dengan sampulnya, ada pula yang membuat kita kagum dengan isinya. (NT/Ilustrasi: Google Image)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Shopee Indonesia

Post Top Ad



Shopee Indonesia