Kurang Gerak Bisa Berisiko Kematian, Hindari dengan Tips Ini - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad

Selasa, 30 Januari 2024

Kurang Gerak Bisa Berisiko Kematian, Hindari dengan Tips Ini


SONATA
.id
– Gaya hidup masing-masing orang, pasti berbeda satu sama lain. Untuk aktivitas, ada yang menyukai kegiatan luar ruangan, ada pula yang menyukai kegiatan dalam ruangan saja.

 

Hal itu juga berkaitan dengan profesi. Contohnya guru, dipastikan akan banyak berkegiatan di dalam ruangan kelas sejak pagi hingga siang menjelang sore. Aktivitas ini menjadikan guru menjadi terbatas gerakannya dalam ruangan kecil saja, bahkan tanpa tersentuh cahaya matahari langsung.

 

Kurang gerak tubuh, apalagi yang mager alias males gerak, sering pula kita jumpai di keseharian. Tahukah Anda, sebagian besar penelitian mengatakan, gaya hidup kurang gerak dapat menyebabkan risiko kematian?

 

“Saking bahayanya, banyak banget penelitian yang konsisten ngebuktiin gaya hidup kurang gerak meningkatkan risiko kegemukan, diabetes tipe 2, kanker, penyakit jantung, bahkan kematian dini,” ucap Rizal Do, selaku Ners sekaligus Healthy Lifestyle Educator, dikutip dalam akun X beberapa waktu lalu.

 

Nah, bahaya kan? Untuk itu, berikut ini untuk Sahabat Sonata, bisa lakukan beberapa hal bagi yang kurang gerak atau lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan.

 

1. Jangan terlalu lama duduk dalam posisi yang sama. Sempatkan untuk melakukan beberapa gerakan ringan untuk melemaskan otot tubuh.

 

2. Upayakan dalam keseharian memiliki waktu untuk berjemur di sinar matahari. Tdak perlu lama, cukup 15 menit saja.

 

3. Jangan lupa bebaskan pikiran dari hal-hal yang membuat sulit konsentrasi. Pecahnya konsentrasi saat beraktivitas dalam ruangan, akan mengganggu kondisi tubuh.

 

Nah, tiga tipa tersebut bisa Sahabat Sonata lakukan. Semoga selalu sehat, jalankan aktivitas dengan lancar dan dedikasikan semuanya untuk kebaikan. (nt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad