Update Erupsi Marapi: Banjir Lahar Dingin Terjang Pemukiman Warga - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad

Rabu, 06 Desember 2023

Update Erupsi Marapi: Banjir Lahar Dingin Terjang Pemukiman Warga

SONATA.id – Akibat erupsi Gunung Marapi hari Minggu lalu yang menyemburkan material bebatuan dan abu vulkanik, kini berdampak pada aliran lahar dingin yang menimpa pemukiman penduduk.

 

Banjir Lahar Dingin Terjang Desa Terindah di Pariangan usai Erupsi Gunung Marapi (Foto: Istimewa-iNews)

Banjir bandang lahar Gunung Marapi itu, Selasa (5/12) malam, menerjang sejumlah daerah di Tanah Datar, Sumatra Barat. Salah satu lokasi yang terdampak adalah pemandian air panas yang berada di kawasan Masjid Ishlah, Nagari Pariangan, Kecamatan Pariangan.

 

Sementara, di Nagari Batubasa Kecamatan Pariangan, banjir bandang menghantam masjid dan rumah warga di Jorong Sialahan. Di Kawasan Koto Baranjak, Nagari Baringin, Kecamatan Limo Kaum, banjir lahar dingin menyebabkan jembatan terban di kedua sisinya, sehingga, tidak bisa dilalui mobil bertonase besar.

 

Bupati Tanah Datar, Eka Putra, membenarkan telah terjadi banjir bandang lahar dingin dari erupsi Gunung Marapi. "Benar. Ada sejumlah titik yang terdampak banjir bandang seperti di Kecamatan Pariangan dan Limo Kaum," kata Eka kepada awak media semalam.

 

Eka mengatakan, telah turun bersama Kapolres Tanah Datar AKBP Derry Indra dan Dandim 0307 Letkol Czi Sutrisno turun ke lapangan meninjau kondisi kejadian di Limo Kaum, Selasa malam.

 

Ia pun mengimbau warga tetap waspada, tidak panik dan tidak termakan isu. "Jangan panik. Dengarkan instruksi dari yang berwenang. Jangan menyebarkan isu yang bisa membuat panik masyarakat dan tetap waspada.”

 

Eka Putra juga meminta masyarakat Tanah Datar untuk sama-sama berdoa agar erupsi Marapi tidak menimbulkan dampak yang besar.

 

"Semoga tidak memberikan dampak yang besar dan tidak menimbulkan korban jiwa dan kerugian harta benda bagi warga. Mari kita sama-sama berdoa,," ujar Eka. (source: kompas)

Tonton Video TERAS LITERASI di Sini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad