Tingkatkan Kompetensi, BGP Sumbar Latih Guru Maksimalkan Penggunaan Chromebook - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad

Kamis, 07 Desember 2023

Tingkatkan Kompetensi, BGP Sumbar Latih Guru Maksimalkan Penggunaan Chromebook


SONATA
.id
– Tingkatkan kompetensi guru dalam penggunaan Tekonologi Informatika dan komunikasi (TIK), Balai Guru Penggerak (BGP) Sumatera Barat gelar pelatihan.

 

Bertempat di Hotel Rocky Padang, selama tiga hari sejak tanggal 5 Desember lalu, 120 orang guru yang berasal dari utusan Kota dan Kabupaten se-Sumatera Barat diberikan penguatan kompetensi dalam penggunaan perangkat berbasis Chromebook.

 

“Jadi ini merupakan pelatihan yang diikuti oleh perwakilan dari sekolah-sekolah yang endapat bantuan pernagkat Chromebook. Selama tiga hari, peserta se-Sumbar diberikan materi-materi peningkatan kompetensi seputar penggunaan perangkat berbasis Chromebook itu,” demikian jelas Nelfi Sonata, salah seorang utusan dari Kabupaten Tanah Datar, Kamis (7/12) pagi.

 

Menurut informasi yang diperoleh dari lokasi kegiatan, materi penguatan kompetensi yang diberikan oleh BGP Sumbar itu, adalah bagaimana seorang guru dapat menggunakan dan mengoperasikan seluruh rangkaian aplikasi yang terdapat dalam gawai berbasis Chromebook.

 

“Ada materi terkait pengenalan fitur dan fungsi Chromebook. Termasuk penggunaan aplikasi-aplikasi Google dalam pembelajaran,” sebut guru yang juga penulis buku Penguatan Pendidikan Karakter itu menjelaskan.

 

Ditambahkannya, dengan adanya pelatihan tersebut, tentu sangat bermanfaat bagi peningkatan kompetensi guru dalam penggunaan gawai berbasis Chromebook dalam membelajarkan siswa di sekolah.

Tonton Video TERAS LITERASI di Sini!

 

Hal itu juga selaras dengan akselerasi transformasi pendidikan melalui standar teknologi digital  yang sedang digagas oleh Kemdikbudristek.

 

“Benar sekali. Pergeseran global yang menuju digitalisasi, membuat guru dan dunia pendidikan harus lebih cerdas,” pungkas guru SDN 05 Rambatan itu.

 

Peserta pelatihan yang digelar BGP Sumbar tersebut, diharapkan menjadi pioneer bagi pengembangan kompetensi guru di daerah. Nantinya, setelah kembali ke daerah masing-masing, dapat mengembangkan kompetensinya bagi sejawat dan guru-guru yang ada. (ni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad