PRIMA, Penguatan Ekosistem Digital Pendidikan Indonesia - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad

Minggu, 05 November 2023

PRIMA, Penguatan Ekosistem Digital Pendidikan Indonesia

SONATA.id – Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemdikbudristek terus mendorong penguatan ekosistem digital pendidikan di Indonesia. Salah satunya lewat PRIMA (Peduli, Responsibility, Inovasi, Melayani, Akuntabel).

 

Rakor Balai Teknologi Informasi, Komunikasi (TIK) Pendidikan. Foto: BKHM

Kepala Pusdatin, Hasan Chabibie mengatakan, akan terus menciptakan inovasi teknologi pembelajaran dengan didukung kolaborasi Bersama BLPT dan Balai TIKP Provinsi se-Indonesia.
 

 

Hasan juga menyampaikan, dalam mendukung arah kebijakan dan strategi nasional, SPBE berperan sebagai fondasi yang kuat dalam konsep Government as a Platform (GaaP).  

 

“Konsep ini mengacu pada ekosistem digital yang memungkinkan pemerintah untuk memberikan layanan publik yang berkualitas, sambil menciptakan pemerintahan yang bersih, efektif, efisien, netral, profesional, dan berdasarkan hukum,” urai Hasan.

 

Kemdikbudristek lewat Balai Layanan Platform Teknologi (BLPT), Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemdikbudristek menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Balai Teknologi Informasi, Komunikasi (TIK) Pendidikan di Jakarta pada 23 Oktober 2023.  Rakor ini dihadiri oleh Kepala Balai TIK Pendidikan dari 22 provinsi di Indonesia untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan.

 

Dalam rapat ini, tema yang diusung adalah "Bersama Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan", yang menekankan pentingnya kerja sama antara Pusdatin, BLPT, dan Balai TIK Pendidikan dalam menciptakan ekosistem digital yang kuat untuk pendidikan.  Rakor ini menjadi ajang untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan upaya dalam memperkuat penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di sektor pendidikan.

 

Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbudristek, Suharti mengatakan, saat ini transformasi digital berbasis Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) menjadi bagian paling penting dalam mewujudkan penerapan reformasi birokrasi pemerintah.  

 

Suharti juga turut memberikan apresiasi atas peran yang telah dilakukan Pusdatin dalam pengelolaan capaian evaluasi SPBE hingga mendapatkan predikat sangat baik dengan indeks 3,86.

 

“Hal ini menunjukkan Kemdikbudristek berkomitmen menghadirkan layanan yang berkualitas, efisien, efektif dan akuntabel bagi masyarakat dan bagian dari reformasi birokrasi,” urai Suharti. (medcom/kemdikbud)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad