HGN 2023, Momen Penting Peningkatan Kompetensi - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad


Sabtu, 25 November 2023

HGN 2023, Momen Penting Peningkatan Kompetensi




SONATA
.id
– Setiap tanggal 25 November, menjadi hari spesial bagi para pendidik di negeri ini. Hari Guru Nasional (HGN), begitu sebutan untuk peringatan tersebut.

 

Perayaan dalam peringatan itu, gegap gempita dengan segala kemeriahannya. Upacara digelar secara resmi mulai dari tingkat nasional hingga daerah, yang diisi dengan pemberian penghargaan dan apresiasi kepada guru.

 

HGN tidak hanya menjadi wadah untuk menghargai pengabdian para pendidik, tetapi juga mencerminkan rasa syukur terhadap jasa guru dalam membangun pondasi pendidikan bangsa. Sungguh suatu hal yang menggembirakan, eksistensi guru masih dijunjung tinggi, dimuliakan dalam penyelenggaraan negara ini.

 

Menurut data sejarah, HGN berawal pada tahun 1945. Pada waktu itu, merupakan langkah pertama terbentuknya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Sebelumnya, paguyuban Persatuan Guru Indonesia (PGI) menyelenggarakan Kongres Guru Indonesia perdana di Surakarta Jawa Tengah, pada tanggal 24-25 November 1945.

 

Pada perkembangannya, tanggal 25 November secara resmi ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 8 Tahun 1994. Dan peringatan itu, dilakukan setiap tahun, tanpa pernah terabaikan.

 

Kemudian, seiring perubahan zaman, peran guru bertumbuh menjadi kekuatan utama pembentukan generasi bangsa pada segala bidang. Di era teknologi dengan segala kepesatannya, guru pun menjadi tumpuan untuk menggagas pendidikan yang lebih baik bagi generasi bangsa.

 

Kini, guru tidak hanya berperan sebagai pemimpin pembelajaran di kelas, namun juga sebagai fasilitator, pembimbing, sekaligus inspirator. Seluruh potensi generasi yang sedang menimba pengetahuan, dihadapkan pada kepiawaian seorang guru sebagai pemberi fasilitas dan pembimbing pembelajaran. Di dalam prosesnya, guru serta merta adalah penumbuh inspirasi bagi peserta didik.

 

Menjadi inspirator bagi peserta didik, tentu saja bukan hal mudah. Butuh beberapa hal penting agar peran tersebut dapat terlaksana dalam keseharian guru. Hal-hal penting tersebut antara lain adalah, pertama, guru harus tetap mengembangkan pengetahuan.

 

Pengembangan pengetahuan bagi guru, adalah suatu keharusan. Pertumbuhan teknologi, di masa yang disebut dengan era industri ini, guru tidak dapat berlepas tangan. Semua pihak mengharapkan guru ikut serta menjadi corong informasi pengetahuan dan keterampilan bagi peserta didik yang diayominya.

 

Kedua, guru  haru lebih terampil. Sebagai seorang inspirator bagi peserta didik, guru harus memiliki ragam keterampilan. Bukan hanya sebagai pengampu kelas dan pembelajaran, namun guru juga mesti tumbuh besar sebagai sosok yang dapat digugu pada bidang keterampilan.

 

Dua hal itu, adalah domain penting bagi kelangsungan eksistensi guru sebagai penginspirasi peserta didik. Pada peringatan HGN ini, haruslah dijadikan momen penting. HGN bukanlah sekadar hari besar di yang diperingati dengan keriangan, tetapi ajang untuk merenung, mensyukuri, dan berkomitmen untuk terus mendukung perbaikan pendidikan di Indonesia. (*)

Penulis: Nelfi Sonata, S.Pd. (Guru SDN 05 Rambatan, Tanah Datar)


TONTON VIDEO YOUTUBE TERAS LITERASI DI SINI!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Shopee Indonesia

Post Top Ad



Shopee Indonesia