Pengembangan Potensi Guru Menuju Profesionalitas - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad

Selasa, 24 Oktober 2023

Pengembangan Potensi Guru Menuju Profesionalitas


SONATA
.id
– Pengembangan potensi guru, menjadi sesuatu yang haus dilakukan terus-menerus. Hal itu tergambar dari Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru.

 

Pada dasarnya, peningkatan dan pengembangan potensi guru tidak melulu pada persoalan akademik semata. Namun lebih luas dari itu, potensi guru selaku pendidik, tumbuh menjadi lebih luas.

 

Melalui PKB Guru, diharapkan akan terwujud guru profesional, yang memiliki ilmu pengetahuan dan keahlian sebagai pendidik. Hal itu dikarenakan, guru adalah profesi yang harus terus dikembangkan baik wawasan, kompetensi, pengetahuan, dan keterampilannya. Semua itu ditujukan guna menunjang tugas mendidik dan mengajar.

 

Menurut Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, pengembangan potensi guru yang diarahkan pada terbinanya kompetensi, dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, dan berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya.

 

Selain itu, PKB Guru juga sangat penting dalam mengembangkan keterampilan instruksional dan pengetahuan terhadap konten pembelajaran yang diampu guru. Dan di sisi lain, guru sebagai sebuah profesi, ternyata tidak hanya diharapkan sebagai pengampu kelas yang handal, namun juga harus berpatisipasi dalam berbagai bidang lainnya.

 

Salah satu bidang tersebut adalah yang berkaitan dengan publikasi ilmiah. Pada ranah publikasi ilmiah, guru diharapkan memberikan kontribusi positif bagi kelangsungan pengembangan ilmu pengetahuan dan proses pembelajaran di kelas. Dan hal itu benar-benar tertata rapi dan dapat dishare sebagai pemikiran ilmiah yang dapat dijadikan rujukan secara umum oleh pendidik lainnya.

 

Khusus pada bidang publikasi ilmiah ini, dalam tuntunan yang ada, pemerintah melalui leading sektor pendidikan, membaginya menjadi tiga kelompok. Pertama, publikasi ilmiah yang berkaitan dengan hasil penelitian ilmu pendidikan formal berupa tinjauan ilmiah, artikel ilmiah, dan artikel ilmiah populer serta lainnya.

 

Kedua, guru juga diberikan keleluasaan untuk mengembangan diri sebagai person yang mampu menjadi sumber pengetahuan dan keterampilan. Dalam hal ini guru dapat membuktikan eksistensi dirinya melalui kegiatan-kegiatan di mana guru bertindak sebagai narasumber kegiatan serupa diskusi ilmiah, seminar dan sebagainya.

 

Selain itu, guru juga diharapkan menumbuhkembangkan profesionalisme kependidikannya melalui bidang penulisan buku-buku teks pelajaran, buku sumber atau referensi pembelajaran. Melalui ini, guru akan semakin berkembang sebagai penyandang profesi ahli.

 

Tidak jauh beda dengan hal di atas, dalam PKB Guru, seorang guru dalam menuju profesionalitasnya, diminta agar turut berkontribusi dalam modifikasi peningkatan kualitas pembelajaran. Dalam hal ini, seorang guru perlu melakukan penyusunan atau pembuatan karya inovatif.

 

Pada bidang ini, karya-karya yang dapat dibuat dan dilakukan oleh guru, bisa mengarah pada bidang karya seni, dengan membuat segala bentuk modifikasi unsur seni yang berkembang di tengah masyarakat. Unsur seni yang dikembangkan dapat pula berkaitan dengan local content yang merupakan khazanah budaya.

 

Selanjutnya, pada bidang karya inovatif, guru juga diajak untuk berkreasi di bidang sains. Kreasi ini diperuntukkan bagi peningkatan kualitas belajar siswa. Dan seterusnya, diinginkan agar guru berkembang secara profesional dengan meningkatkan kualitas potensinya dalam pengembangan model-model pembelajaran yang atraktif dan efektif.

 

Peningkatan potensi guru melalui PKB tersebut, tentu saja harus dilakukan secara bertahap, baik secara bersama melalui kegiatan-kegiatan sekolah, gugus sekolah, atau dalam bentuk lainnya. Sementara untuk pengembangan secara personal, guru dapat melakukannya melalui pendekatan-pendekatan pada bidang-bidang yang dibutuhkan. (*/ilustrasi: net)

Penulis: Nelfi Sonata, S.Pd (Guru)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad