BIPA Digelar di 52 Negara untuk Internasionalisasi Sastra Indonesia - Sonata | Moving for Education

Breaking

Post Top Ad


Post Top Ad

Sabtu, 23 September 2023

BIPA Digelar di 52 Negara untuk Internasionalisasi Sastra Indonesia

SONATA.id – Perkuat internasionalisasi sastra Indonesia, Kemdikbudristek hadirkan program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Pembelajaran sastra Indonesia kini sudah tersebar di 52 negara.

 

Kepala Badan Bahasa Aminudin Aziz. Medcom.id/Ilham Pratama Putra 

"Saat ini program BIPA diselenggarakan di 52 negara dengan 185 lembaga penyelenggara," beber Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbudristek, Aminudin Aziz, dalam Seminar Antarbangsa Kesusastraan Asia Tenggara secara daring dikutip Jumat (22/9) kemarin.

 

Lebih rinci, saat ini ada 307 penugasan pengajar di BIPA. Mereka memiliki peserta ajar sekitar 154.000 orang di luar negeri.

 

"Kami juga akan menyiapkan peta jalan internasionalisasi sastra indonesia baik melalui program BIPA maupun non BIPA," ucapnya.

 

Aminudin mengungkapkan, pihaknya juga akan membentuk tim kurator untuk mengurasi dan menentukan karya sastra sesuai kriteria dan standar sastra dunia.

 

Balai Bahasa menggunakan 7 standar berdasarkan buku English Literatur karya William J. Long yaitu universalitas, artistik, nilai intelektual, sugestif, nilai spiritual, keabadian, dan gaya.

 

"Yang menjadi persoalan mendefinisikan hakikat sastra Indonesia terkait substansi, gaya, latar, estetika. Ini yang akan menentukan entitas atau ciri khas dari sastra Indonesia itu apa. Keindonesiaan kita dibangun dari berbagai macam kemajemukan, maka mendefinisikan sastra Indonesia harus mendefinisikan kemajemukan itu," tutur Aminudin. (medcom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad